background img

Denlok

MAKALAH E-BUSINESS KELOMPOK 8



MAKALAH E-BUSINESS
“STRATEGI E-BISNIS DAN
IMPLEMENTASINYA”

                Oleh :
                   KELOMPOK 8
                  KELAS : GAB 4


      Sandy Wicaksono         : 1304411009
      Muhammad Alvandi    : 1304411247
      Agus Setiawan              : 1304411061
      M.Irham                       : 1304411



PRODI TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNIK KOMPUTER
UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO
2016


KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas karunia, rahmat, dan ridho-Nya sehingga  penulis dapat menyelesaikan makalah ini. Dalam makalah ini penulis membahas tentang STRATEGI E-BISNIS DAN
IMPLEMENTASINYA. Makalah ini disusun dengan tujuan untuk memenuhi salah satu tugas dari mata kuliah E-Business dan diharapakan memberikan pengetahuan lebih kepada pembaca.
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa penulisan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, karena pengetahuan dan pengalaman penulis yang masih terbatas. Namun demikian penulis berusaha semaksimal mungkin untuk menyusun makalah ini dengan sebaik-baiknya. Oleh karena itu, dengan segala kerendahan hati penulis mengaharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini. Akhir kata penulis berharap semoga makalah ini dapat memberikan manfaat.

                                                                                          Palopo, 11 Oktober 2016
                                                                                              

                                                                                               Penulis









DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL......................................................................................... i                
KATA PENGANTAR....................................................................................... ii
DAFTAR ISI...................................................................................................... iii  
BAB I PENDAHULUAN................................................................................. 1
           A.   Latar Belakang........................................................................................ 1
           B.     Rumusan Masalah................................................................................... 2
           C.     Tujuan..................................................................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN................................................................................... 3
           A.    Konsep Dan Kilas Pandang Strategi Organisasi                                      3
           B.     Strategi E-Bisnis                                                                                      5
           C.    Inisiasi E-Strategi                                                                                     6
           D.    Formulasi E-Strategi                                                                                 6
           E.     Implementasi E-Strategi                                                                           7
           F.     E-Strategi Dan Asemen Proyek                                                               9
           G.    Kunci Sukses E-Bisnis                                                                             10
BAB III PENUTUP........................................................................................... 12
           A.    Kesimpulan............................................................................................. 12
           B.     Saran....................................................................................................... 12
DAFTAR PUSTAKA........................................................................................ 13












BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang
Semakin maraknya perkembangan teknologi saat ini membuat manusia berpikir untuk menciptakan segala sesuatunya supaya bisa dilakukan secara praktis menghewat waktu dan biaya.Dengan adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, tidak bisa dipungkiri sangat membantu dan bermanfaat bagi manusia. Jaman dahulu untuk mengirim kabar harus melalui surat yang dikirim lewat pos menggunakan kertas dan perangko,ataupun misalnya jika kita menginginkan barang-barang yang berupa produk dari luar negeri kita tidak bisa dengan mudah untuk mendapatkannya. Tetapi dengan adanya kemajuan teknologi semua hal tersebut bukanlah menjadi hal yang sulit lagi. Adanya kemajuan teknologi membuat segala sesuatunya menjadi mudah dan cepat.Berkirim surat saat ini dianggap sebagai sesuatu hal yang ketinggalan jaman dan tidak berfungsi lagi, karena jaman sekarang banyak oranng sudah menggunakan surat elektronik atau yang lebih sering kita kenal dengan nama e-mail. Dengan adanya email, orang dapat mengirim kabar dengan cepat tanpa menunggu berhari-hari lamanya.Begitupun dengan berbelanja barang/produk dari luar negeri, dengan danya perkembangan teknologi kita tidak perlu lagi untuk mendatangi tempat yang jauh, cukup dengan mendapatkan informasi dari internet dan melakukan transaksi via internet , maka barang tersebut akan mudah untuk didapatkan. Salah satu dampak positif perkembangan teknologi adalah setiap orang bisa melakukan bisnis melalui internet, yang biasa kita kenal dengan nama E business. Dengan melakukan e business, seorang pebisnis bisa memperluas jangkauan pasarnya sampai ke seluruh dunia.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan diatas, maka penulis membuat rumusan masalah yakni “Coba Jelaskan Apa yang dimaksud dengan Strategi Bisnis?”.



C. Tujuan
Adapun tujuan dari penulisan makalah ini selain untuk memenuhi tugas dari mata kuliah E-Business dan agar bisa dapat di manfaatkan bagi pembaca dan penulis dalam menyelesaikan persoalan-persoalan Bisnis Berbasis Internet.






















BAB II
PEMBAHASAN
A.  KONSEP DAN KILAS PANDANG STRATEGI ORGANISASI
Pada awalnya strategi merupakan sebuah kata yang digunakan pada militer ketika sedang berperang, akan tetapi dengan berkembangnya jaman, maka istilah strategi ini sudah masuk ke dalam setiap aspek kehidupan, baik itu ekonomi, pendidikan maupun olahraga.
Strategi adalah turunan dari bahasa Yunani yaitu Strat gos yang artinya adalah komandan perang dalam jaman tersebut, adapun pada pengertiannya saat ini strategi adalah rencana jangka panjang dengan diikuti tindakan tindakan yang ditujukan untuk mencapai tujuan tertentu yang umumnya adalah kemenangan .
Saat ini ada sebuah pencampuradukkan kata antara strategi dengan taktik. Dalam hal pengertian, taktik bukanlah sebuah strategi, namun taktik ada di dalam strategi. Taktik ini memiliki ruang lingkup yang lebih kecil dengan waktu yang lebih singkat.
Dalam sebuah organisasi, pada penjelasan ini adalah HIMAPRODI, harus memiliki strategi dalam mencapai visi yang telah disepakati bersama. Perencanaan dalam menjalankan sebuah organisasi adalah hal yang harus dilakukan agar tidak adanya ketimpangan atau distorsi ketika dalam perjalanan mencapai visi yang dibangun tersebut.
Apabila kita menggunakan rumus POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling) maka strategi merupakan unsur dalam Planning (Perencanaan) yang ada di dalam tahap pertama, sehingga apabila unsur ini tidak dipenuhi, maka tidak akan terpenuhi pula unsur-unsur dalam tahapan selanjutnya.
Schendel dan Charles Hofer (1985) menjelaskan adanya empat tingkatan strategi, keseluruhannya disebut master strategy yaitu :
1.    Enterprise Strategi
Strategi ini berkaitan dengan bagaimana respon masyarakat terhadap organisasi ini. Di mana ada penekanan kepada masyarakat bahwa organisasi berusaha sungguh sungguh dan yang terbaik untuk melayani dan memenuhi kebutuhan serta tuntutan masyarakat.
2.    Corporate Strategy
Yaitu sebuah strategi untuk menjalankan misi yang telah kita siapkan dalam organisasi tersebut sesuai dengan bidang yang telah menjadi bagiannya. Strategi ini biasa disebut dengan Grand Strategy karena akan berakibat sangat fatal ketika kita salah dalam menjawab misi dari sebuah organisasi baik dari kata-kata maupun kebijakan yang diterapkan dalam organisasi.
3.    Business Strategy
Strategi ini adalah bagaimana organisasi dapat merebut pasaran di tengah masyarakat seperti, sponsor, Dekanat, Rektorat, organisasi lain dan mahasiswa sehingga dapat menguntungkan dalam mengembangkan organisasi ke tingkat yang lebih baik.
4.    Functional Strategy
Yaitu strategi untuk menunjang strategi yang lain, adapun dalam fungsional strategi ini terdapat tiga strategi di dalamnya yaitu : strategi fungsional ekonomi, stategi fungsional manajemen dan strategi isu.
Menurut potter, ada tiga landasan strategi yang dapat membantu organisasi memiliki keunggulan kompetitif, yaitu keunggulan biaya, diferensiasi, dan fokus. Adapun yang biasa digunakan untuk membuat strategi adalah dengan menggunakan Analisis SWOT (Strengh, Weakness, Opportunity, Threat).
Strengh (kekuatan), Weakness, (kelemahan), merupakan faktor internal dari organisasi kita, sedangkan opportunity (peluang) dan Threat (ancaman) adalah faktor eksternal yang ada di lingkungan.
Ketika kita sudah mengetahui apa yang kita miliki dan kelemahan kita, maka kita dapat menentukan alternative strategi yang melihat dari peluang serta ancaman dari lingkungan sekitar, adapun dalam penentuannya akan menemukan beberapa alternative alternative strategi yang disesuaikan dengan visi dan misi organisasi kita

B.  STRATEGI E-BISNIS
Strategi bisnis adalah proses dimana untuk mencapai suatu tujuan dan berorientasi pada masa depan untuk berorientasi pada suatu persaingan guna mencapai sasaran dalam usaha secara tepat. Strategi dibutuhkan oleh semua perusahaan atau organisasi termasuk lembaga pendidikan dan bahkan diperlukan oleh individu dalam pencapaian suatu tujuan.
Dalam Strategi bisnis terdapat pula beberapa tingkatan, tingkatan strategi bisnis tersebut adalah
1. Tingkat Korporasi: strategi perusahaan yang memiliki saham (ownership) beberapa perusahaan lain.
Ciri-cirinya :
a)    Berorientasi pada nilai
b)   Unsur fleksibilitas sangat tinggi
c)    Jangka waktu lebih panjang
d)    Perioritas pada pertumbuhan perusahaan
e)    Konseptual
f)    Tersentralisasi
2.Tingkat Bisnis Multi Divisi: merupakan strategi yang terjadi pada tingkat divisi atau unit bisnis dan merupakan strategi yang menekankan pada perbaikan posisi bersaing produk atau jasa pada spesifik industri atau segmen pasar tertentu.
Ciri-cirinya :
a)    Resiko rendah
b)   Keuntungan rendah
c)    Setiap keputusan ada mediasi antara level korporasi dan fungsional
d)   Biaya rendah
e)    Membuat keputusan dan memberi pandangan antara lain tentang saluran distribusi, lokasi pasar, wilayah pabrik dan segmentasi pasar
3.Tingkat Fungsional: optimalisasi produktivitas sumber daya dalam memberikan nilai (value) terbaik untuk kebutuhan pelanggan(customers)
Ciri-cirnya :
a)    Jangka waktu pendek, kurang dari 1 tahun
b)   Beresiko rendah
c)    Keputusan diterapkan pada aktivitas yang sedang berjalan
d)   Keputusan melibatkan masalah operasional dan berorientasi pada aktivitas

4.   Tingkat Operasional: merupakan strategi yang menjalankan implementasi dari operasional-operasional perusahaan
C.  INISIASI E-STRATEGI
Inisiasi Strategi, perusahaan menyiapkan langkah-langkah inisial yang dibutuhkan, mereview visi dan misi organisasi, menganalisis industrinya, posisi perusahaan dan posisi pesaing, pertimbangan berbagai isu inisiasi, menguji internal perusahaan dan lingkungan perusahaan.
D.  FORMULASI E-STRATEGI
Perumusan strategi atau formulasi strategi merupakan proses penyusunan langkah-langkah ke depan yang dimaksudkan untuk membangun visi dan misi organisasi, menetapkan tujuan strategis dan keuangan perusahaan, serta merancang strategi untuk mencapai tujuan tersebut dalam rangka menyediakan customer value terbaik.
Morton (1996 : 17-22) mengatakan bahwa ada keterikatan yang saling menunjang antara Struktur  Organisasi & Budaya Perusahaan, Teknologi, Peran Individu, Struktur Organisasi dan Proses Manajemen yang dipengaruhi oleh Lingkungan Sosio-Ekonomis External dan Lingkungan Teknologi External dalam metodologi pembentukan Strategi Formulasi seperti digambarkan dalam gambar berikut:
Untuk itu, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan perusahaan sebagai berikut:
a)    Identifikasi lingkungan yang akan dimasuki oleh perusahaan pada masa depan. Tentukan misi perusahaan untuk mencapai visi yang dicita-citakan dalam lingkungan tersebut.
b)   Lakukan analisis lingkungan intern dan ekstern untuk mengukur kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman yang akan dihadapi perusahaan dalam menjalani misi dan  meraih keunggulan bersaing (competitive advantage).
c)    Rumuskan faktor-faktor penting ukuran keberhasilan (key succes factors) sesuai dengan perubahan lingkungan yang dihadapi.
E.  IMPLEMENTASI E-STRATEGI
Strategi merupakan hal yang penting dalam bisnis. Namun, proses pengembangan strategi merupakan hal yang lebih penting. Pengembangan strategi bergantung pada tipe strategi, metode implementasi, ukuran atau skala perusahaan, dan pendekatan yang digunakan.
Hubungan antara Implementasi dengan Daya Saing :
1.     Analisis Persaingan Industri
Pada fase ini, perusahaan mempersiapkan langkah-langkah awal yang dibutuhkan, meninjau kembali visi dan misi organisasi, menganalisis industri, posisi perusahaan dan posisi pesaing, mempertimbangkan berbagai masalah awal/inisiasi, dan menguji internal dan lingkungan perusahaan. Dalam hal ini aspek yang ditekankan terletak pada pengujian kontribusi potensial internet dan teknologi yang ada terhadap bisnis. Hasil spesifik pada fase ini yaitu analisis perusahaan dan proporsi nilai, kompetensi inti, peramalan, dan analisis kompetitor atau pesaing.
2.     Perumusan Strategi
Formulasi strategi merupakan kegiatan pengembangan strategi untuk mengeksploitasi peluang dan pengelolaan ancaman dalam suatu lingkungan bisnis dari sudut kekuatan dan kelemahan perusahaan. Aktivitas dan hasil spesifik pada fase ini yaitu:
a)    Evaluasi peluang E-Commerce secara khusus;
b)    Menganalisis biaya dan manfaat;
c)    Melakukan penilaian dan manajemen risiko;
d)   Strategi penetapan harga;
e)    Sebuah rencana bisnis yang akan digunakan pada fase implementasi strategi.
3.     Implementasi Strategi
Implementasi strategi merupakan pengembangan terinci, perencanaan jangka pendek untuk melaksanakan proyek yang disetujui pada formulasi strategi. Aktivitas dan hasil spesifik pada fase ini adalah:
a)    Pembentukan tim web yang menginisiasi dan mengelola eksekusi rencana;
b)   Pelibatan mitra bisnis;
c)    Pembentukan aliansi bisnis dan korporasi virtual;
d)   Proses manajemen bisnis, perekayasaan proses bisnis;
e)    Pengenalan perubahan dalam organisasi;
f)    Perencanaan proyek;
g)   Alokasi sumber daya dan manajemen proyek;
h)   Mengembangkan program manajemen perubahan secara efektif.
Implementasi strategi memerlukan investasi infrastruktur yang signifikan. Oleh karena itu, cara yang baik untuk memulainya yaitu dengan melakukan implementasi pada proyek pilot sebelum investasi yang signifikan dilakukan.

4.     Penilaian Ulang Strategi
Penilaian strategi merupakan kegiatan evaluasi kemajuan matriks E-Commerce secara berkelanjutan menuju tujuan strategis perusahaan, perolehan tindakan kolerasi, dan reformulasi strategi apabila diperlukan. Pada penilaian strategi, pengukuran spesifik disebut dengan matriks yang menilai proses strategi.
Pada perencanaan strategi, perusahaan dapat menggunakan berbagai alat dan teknik perencanaan strategis. Beberapa di antaranya meliputi:
a)    Analisis SWOT. Adalah suatu metodologi yang menyurvei peluang dan ancaman eksternal, serta hubungan keduanya dengan kekuatan dan kelemahan internal perusahaan.
b)    Balance Score Card (BSC). Adalah suatu alat manajemen yang menilai progres organisasional menuju tujuan strategis melalui pengukuran kinerja pada sejumlah area yang berbeda.
c)    Competitor analysis grid. Adalah suatu alat yang digunakan untuk menganalisis kekuatan dan kelemahan, baik pesaing saat ini maupun pesaing potensial.
d)   Scenario planning. Adalah metode perencanaan strategis yang digunakan beberapa organisasi untuk membuat perencanaan yang fleksibel.
F.   E-STRATEGI DAN ASEMEN PROYEK
            E-strategi dan Assement proyek merupakan kegiatan penilaian terhadap suatu tugas yang harus diselesaikan dalam periode/waktu tertentu. Tugas tersebut berupa suatu investigasi sejak dari perencanaan, pengumpulan data, pengorganisasian, pengolahan dan penyajian data. Penilaian proyek dapat digunakan untuk mengetahui pemahaman, kemampuan mengaplikasikan, kemampuan penyelidikan dan kemampuan menginformasikan peserta didik pada mata pelajaran tertentu secara jelas.
Karakteristik asemen proyek :
a)    Generability
b)   Authenticity
c)    Multiple foci
d)   Teachability
e)    Fairness
f)    Feasibility
g)   Scorability
G. KUNCI SUKSES E-BISNIS
Berikut ini merupakan factor- factor yang perlu diperhatikan dalam meraih  sukses E-bisnis:
a)    Customer Service
b)   Price
c)    Quality
d)   Fulfillment Time
e)    Agility
f)    Time to Market
g)   Market Reach
Dalam mengimplementasikan konsep E-bisnis, terlihat jelas bahwa meraih keunggulan kompetitif (competitive advantage) jauh lebih mudah dibandingkan mempertahankannya. Secara teoritis hal tersebut dapat dijelaskan karena adanya karakteristik sebagai berikut:
a)      Pada level operasional, yang terjadi dalam E-bisnis adalah restrukturisasi dan redistribusi dari bit-bit digital (digital management), sehingga mudah sekali bagi perusahaan untuk meniru model bisnis dari perusahaan lain yang telah sukses;
a)    Berbeda dengan bisnis konvensional dimana biasanya sebuah kantor beroperasi 8 jam sehari, di dalam E-bisnis (internet), perusahaan harus mampu melayani pelanggan selama 7 hari seminggu dan 24 jam sehari, karena jika tidak maka dengan mudah kompetitor akan mudah menyaingi perusahaan terkait;
b)   Berjuta-juta individu (pelanggan) dapat berinteraksi dengan berjuta-juta perusahaan yang terkoneksi di internet, sehingga sangat mudah bagi mereka untuk pindah-pindah perusahaan dengan biaya yang sangat murah (rendahnya switching cost);
c)    Fenomena jejaring (internetworking) memaksa perusahaan untuk bekerja sama dengan berbagai mitra bisnis untuk dapat menawarkan produk atau jasa secara kompetitif, sehingga kontrol kualitas, harga, dan kecepatan penciptaan sebuah produk atau jasa kerap sangat ditentukan oleh faktor-faktor luar yang tidak berada di dalam kontrol perusahaan; dan
d)   Mekanisme perdagangan terbuka dan pasar bebas (serta teori perfect competition) secara tidak langsung telah terjadi di dunia internet, sehingga seluruh dampak atau dalil-dalil sehubungan dengan kondisi market semacam itu berlaku terjadi di dunia maya.


















BAB III
PENUTUP
A.  Kesimpulan
Strategi bisnis adalah proses dimana untuk mencapai suatu tujuan dan berorientasi pada masa depan untuk berorientasi pada suatu persaingan guna mencapai sasaran dalam usaha secara tepat. Strategi dibutuhkan oleh semua perusahaan atau organisasi termasuk lembaga pendidikan dan bahkan diperlukan oleh individu dalam pencapaian suatu tujuan.
B.  Saran
Semoga kedepanya materi semacam ini bisa mengalami perkembangan yang lebih baik lagi agar lebih mudah dipahami dan lebih jelas kembali dalam pemanfaatan kehidupan kita sehari-hari




















DAFTAR PUSTAKA

Anonim. 2016. Strategi E-Commerce. http://iepoel.staff.umm.ac.id/skripsi/sistem-informasi/strategi-e-commerce-e-commerce-global/. Diakses pada 23 Oktober 2016

Lazuardi Rizal. 2014. Strategi Dan Implementasi E-Business. http://rizal-ebisnis.blogspot.co.id/2014/11/strategi-dan-implementasi-e-business.html. Diakses pada 29 Oktober 2016

Prabandari Hertzy Nisrina. 2014. Implementasi Strategi. http://nisrinahertzy.blogspot.co.id/2014/12/strategi-dan-implementasi-e-business.html. Diakses pada 29 Oktober 2016


0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts