A.
Pengertian E-business
E-Business
menurut Steven Alter. Information System: Foundation of E-Business.
PrenticeHall adalah prkatek pelaksanaan dan pengelolaan proses bisnis utama
sepertiperancangan produk, pengelolaan pasokan bahan baku, manufaktur,
penjualan, pemenuhan, pesanan dan penyedia service melalui penggunaan
teknologi komunikasi, computer, dan data yang telahterkomputerisasi.E-Commerce
menurut Turban,(2005:181) E-commerce
berarti perdagangan elektronik yangmencakup proses,
pembelian, penjualan, transfer, atau pertukaran produk, layanan, atauinformasi
melalui jaringan computer, termasuk internet.E-Marketing menurut Armstrong dan
Kottler (2004:74) adalah sebagai berikut: E-Marketingis the marketing side
of E-Commerce, it consists of company effortstoCommunicateabaout, promote and sell products and services over the internet. Dimana kalo
dalam bahasa kitadapat diartikan sebagai berikut: E-Marketing adalah sisi pemasaran dari E-Commerce. Yangterdiri dari kerja dari perusahaan untuk mengkomunikasikan sesuatu,mempromosikan,dan menjual barang dan jasa melalui internet.Menurut porter (Competitif Advantages, 1983) Inbound Logistic adalah semua aktifitas yangdiperlukan untuk menerima, menyimpan dan mendsitribusikan masukan.maksukan dantermasuk pula hubungan dengan para pemasoknya. Sedangkan Outbound Logistic adalahsemua aktifitas yang diperlukan untuk mengumpulkan, menyimpan dan mendistribusikankeluaran (produk dan/ atau jasa). Infrastructure IT mencakup jaringan komunikasi, perangkat pemrosesan informasi (server,workstation dan peripheral pendukungnya (Depkominfo 2007). InfrastructureITmemberikan pondasi dasar bagi kapabilitas IT yang digunakan untuk membangun
aplikasi bisnis dan biasanyadikelola oleh sekelompok SI (Broadband dan Weill, 1996).Menurut B. Robertson & V. Sribar, “The Adaptive Enterprise: IT Infrastructure Strategies toManage Change and Enable Growth,”Intel Press, 2001. Jadi infrastruktur TI berjalan padagambar dibawah ini adalah infrastruktur publik seperti listrik, gedung dll. Dalam infrastrukturTI dapat dilihat tidak hanya terdiri dari perangakat keras tapi juga terdiri dari perangkat lunakseperti OS, aplikasi middleware dan database.Kecenderungan infrastruktur semakin hari semakin merambat naik. Semakin banyakkomponen perangkat lunak yang menjadi dasar bagi komponen perangkat lunak yang lainuntuk dapat bekerja. Contohnya adalah library bahasa pemrograman. Template templatedesign (theme) yang dapat digunakan oleh banyak aplikasi.
dalam bahasa kitadapat diartikan sebagai berikut: E-Marketing adalah sisi pemasaran dari E-Commerce. Yangterdiri dari kerja dari perusahaan untuk mengkomunikasikan sesuatu,mempromosikan,dan menjual barang dan jasa melalui internet.Menurut porter (Competitif Advantages, 1983) Inbound Logistic adalah semua aktifitas yangdiperlukan untuk menerima, menyimpan dan mendsitribusikan masukan.maksukan dantermasuk pula hubungan dengan para pemasoknya. Sedangkan Outbound Logistic adalahsemua aktifitas yang diperlukan untuk mengumpulkan, menyimpan dan mendistribusikankeluaran (produk dan/ atau jasa). Infrastructure IT mencakup jaringan komunikasi, perangkat pemrosesan informasi (server,workstation dan peripheral pendukungnya (Depkominfo 2007). InfrastructureITmemberikan pondasi dasar bagi kapabilitas IT yang digunakan untuk membangun
aplikasi bisnis dan biasanyadikelola oleh sekelompok SI (Broadband dan Weill, 1996).Menurut B. Robertson & V. Sribar, “The Adaptive Enterprise: IT Infrastructure Strategies toManage Change and Enable Growth,”Intel Press, 2001. Jadi infrastruktur TI berjalan padagambar dibawah ini adalah infrastruktur publik seperti listrik, gedung dll. Dalam infrastrukturTI dapat dilihat tidak hanya terdiri dari perangakat keras tapi juga terdiri dari perangkat lunakseperti OS, aplikasi middleware dan database.Kecenderungan infrastruktur semakin hari semakin merambat naik. Semakin banyakkomponen perangkat lunak yang menjadi dasar bagi komponen perangkat lunak yang lainuntuk dapat bekerja. Contohnya adalah library bahasa pemrograman. Template templatedesign (theme) yang dapat digunakan oleh banyak aplikasi.
B. Peluang
Dan Tantangan E-business
Perkembangan internet akan berdampak pada perubahan
dan cara organisasi merancang, memproses, memproduksi, memasarkan, dan
menyampaikan produk. Lingkup persaingan yang semakin luas juga menuntut
intergrasi dan koordinasi antara departemen sistem informasi, pemasaran,
layanan pelanggan, dan departemen-departemen lainnya dalam organisasi beraneka
ragam peluang pemanfaatan internet yang dapat dieksploitasi meliput sumber baru
untuk informasi pasar individualized/customized marketing, cara baru menjalin
relasi online dengan pelanggan dan membangun citra merek (interactive
marketing), dan peluang baru bagi distribusi produk dan komunikasi pemasaran.
Proses penyampaian (delivery) produk secara digital via internet di perkirakan
bakal semakin marak dalam berbagai sektor bisnis, terutama untuk program
perangkat lunak, surat kabar, musik, tiket pesawat,sekuritas, jasa
0 komentar:
Posting Komentar